Jumat, 09 Desember 2011

Komputer sering Restart


Dari sebagian kasus pada komputer yang sering restart adalah computer mengalami Over Heat / panas yang berlebihan, namun bagaiman jika di dalam casing sudah terdapat beberapa FAN / Kipas, seperti Fan Casing (depan dan belakang) serta pada Chipset (umumnya utk ini berukuran kecil dan sesuai dengan ukuran pendinginnya), solusinya adalah melakukan pengecekkan pada masing-masing Fan dan memeriksa apakah putarannya terasa ringan atau berat. Yang menjadi permasalahan adalah jika Fan yang ada di dalam casing tanpa terkecuali terasa berat anda harus membongkarnya dan untuk itu saya akan memandu bagaimana cara membongkar dan memperbaikinya. Pertama yang harus anda siapkan adalah Kapas / Tisu, Cairan pembersih (Contact Cleaner, Alkohol, Spirtus bisa juga menggunakan Bensin) dan Kawat / Obeng kecil / Jarum. Untuk langkahnya anda bisa melihat gambar ini

  1. Ini adalah bentuk FAN Casing yang saya anggap sedang bermasalah.
 

  1. Setelah anda berhasil menemukan posisi kancing FAN anda harus membukannya dan ada juga yang tertutup dengan stiker ada pula yang tertutup dengan karet yang berwarna hitam. Jika anda bisa menemukannya maka anda akan melihat benda seperti yang terlihat pada gambar, palstik ini harus anda keluarkan terlebih dahulu dengan cara menggunakan kawat halus / jarum / obeng kecil yang sudah disiapkan tadi.
 

  1. Jika anda berhasil mengeluarkannya maka lepaskan / tarik sirip kipas dan  pisahkan antara sirip dengan kedudukannya seperti yang terlihat di gambar.

  1. Untuk tahap ini yang harus anda lakukan adalah memberishkan bagian dalam lingkaran menggunakan cairan pembersih dan biarkan beberapa saat hingga kotoran luntur dan upayakan untuk bagian dalam lingkaran tersebut bersih semua, sedangkan untuk gambar yang berada di sebelah kanan itu adalah kedudukan sirip FAN, untuk inipun anda perlu membersihkannya tapi yang di bersihkan adalah plat besi yang bentuknya berlapi-lapis cukup diusap saja pada bagian pinggirnya dan juga pada bagian tengahnya.
  2. Mission is Complete, semoga semua FAN yang terdapat pada computer anda bisa berjalan dengan mulus dan cara inipun berlaku untuk FAN Prosesor Type apapun.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar