Sekedar Masukan Untuk Yang Ingin Buka Usaha Perbaikan Laptop dll
Tulisan
kali ini sedikit berbeda dari biasa karena tidak menyinggung masalah
teknis dalam perbaikan laptop tapi lebih ditekankan kepada masalah “non
teknis”, tapi walaupun begitu, kadang2 masalah non teknis lebih
“rumit” dibanding masalah teknis :)
Sebelum kita lanjut ada baiknya kita batasi dulu permasalahan disini, yaitu tentang batasan pengertian “HANDAL” dan batasan pengertian “BERHASIL” , disini arti kata handal atau teknisi handal yaitu teknisi
yg benar2 mengetahui permasalahan kerusakan laptop, baik penyebab
kerusakkan itu sendiri dan bagaimana cara mengatasinya, apakah dengan
cara menganti komponen atau memodifikasinya, yang jelas laptop menjadi
“bekerja dengan baik bahkan lebih baik” setelah di tangani sang teknisi, kmudian kata berhasil atau teknisi yg berhasil disini yaitu teknisi yg memang menghasilkan “profit” atau “keuntungan financial” dari
pekerjaanya tersebut untuk memenuhi segala kebutuhannya dan bahkan
lebih!!, (secara jamak kita ketahui bahwa mencari uang didunia
perbaikan laptop sangat menjanjikan).
Tentu saja bagi anda
yg merasa telah menjadi teknisi “handal” dan “berhasil” boleh
mengabaikan tulisan ini dan melanjutkan aktivitasnya sambil minum kopi
hangat ditemani singkong goreng :)
OK, Berikut trik2 yg
telah saya kumpulkan berdasarkan pengalaman pribadi juga berdasarkan
“sharing” sesama teman2 yg kebetulan telah merasakan “manisnya” dunia
perbaikan laptop.
1. KUASAI ELEKTRONIKA SECARA BAIK DAN BENAR (SECARA MENDALAM)
LAPTOP
adalah perangkat elektronika, kerusakan laptop adalah kerusakan
komponen elektronika (diluar kerusakan seperti engsel yg patah atau
casing yg pecah), dengan memahami cara kerja komponen laptop secara
baik dan benar termasuk pengukuran dan karakteristiknya , seperti
pengukuran komponen di dalam papan PCB atau diluar papan PCB anda dapat
secara cepat dan tepat menentukan apakah komponen tersebut dalam kondisi baik, separuh rusak atau rusak sama sekali. Tentu saja referensi untuk pengukuran komponen ini bisa anda lihat di datasheet komponen tersebut.
http://www.alldatasheet.com
Anda
harus rajin belajar dan mengikuti perkembangan teknologi elektronika
agar tidak ketinggalan, membeli buku atau mencari informasi di
internet juga salah satu solusi murah yg bisa anda dapatkan, namun
bagi anda yg ingin menghemat waktu dan secara cepat mampu menguasai
elektronika dan menguasai berbagai macam masalah laptop dan perbaikannya
sehingga anda bisa membuat usaha perbaikan laptop anda bisa kursus
disini :
2. SEDIAKAN INFRA STRUKTUR YG MEMADAI
Infra
struktur juga menjadi hal yg sangat menentukan dlm keberhasilan anda,
tempat yg nyaman (sirkulasi udara berjalan baik dan lancar) akan
membuat anda betah dan mampu tahan “berlama2” di workshop anda.
Lokasi yg mudah terjangkau dan tersedianya tempat parkir menjadi nilai
tambah tersendiri bagi tempat usaha anda. Jgn lupa sediakan peralatan
“perang” untuk bekerja, seperti Hotair, Solder, Infra RED BGA rework,
Thermometer, dll, untuk peralatan sendiri mungkin tidak perlu saya
ulas lagi sebab saya yakin anda sudah lebih mengetahuinya dari saya :)
3. PROMOSIKAN USAHA DAN KEAHLIAN ANDA DAN BUAT TEAM
Anda
sudah hebat sekarang, sudah bisa menguasai segala macam perbaikan
laptop, tapi tidak ada yg tahu dimana anda dan tempat alamat anda,
tentu sama saja bukan?, jadi promosikan usaha anda semaksimum mungkin,
melalui Koran, Internet, brosur2 yg disebar di keramaian seperti kampus
atau sekolah atau perkantoran dll. Semakin banyak yg tahu anda buka
usaha hasilnya semakin bagus.
Satu hal penting adalah anda
tidak bisa bekerja sendiri, sehebat apapun anda, jadi buat team kecil
dengan merekrut 1-2 orang karyawan atau lebih sebagai “front office”
atau customer service (CS) atau untuk bagian antar jemput barang
(Tranportasi).
4. MOTTO PELANGGAN ADALAH RAJA
Pelanggan adalah raja, ungkapan populer yg sudah tak asing lagi, masih berlakukah ungkapan ini??? Dengan sangat menyesal saya katakan “masih!”…:)
Memperlakukan
pelanggan seperti raja disini maksudnya menyediakan tempat atau ruang
tunggu bagi pelanggan yg datang ke workshop anda dan menyediakan
minuman ringan seperti aqua gelas atau teh botol, mendengarkan keluh
kesah pelanggan tentang permasalahan laptopnya dan memberikan harga yg
pantas atau diskon yg wajar menurut anda.
Pelanggan saya cerewet dan sepertinya lebih pintar dari teknisi, bagaimana mengatasinya???
pelanggan
yg cerewet dan sok pintar sebenarnya melakukan itu agar bisa diberikan
harga yg semurah mungkin atau sekedar menyampaikan uneg2, anda juga mungkin pernah melakukan itu didunia yg tidak anda kenal,
misalnya katakanlah sepeda motor / mobil anda tiba2 mogok, sementara
bahan bakar ada dan busi atau pengapian dalam keadaan baik, dan ketika
anda bawa ke teknisi mungkin anda akan berkata:
“ Mungkin saja ada selang atau ada onderdil yg lepas nih mas…”,
jika si teknisi berkata: “ Perbaikin sendiri aj mas jika mas lebih tahu…”
Tentu jawaban seperti ini membuat kita kesal dan bisa saja kita membatalkan perbaikan ke dia, tapi jika dia berkata :
“mungkin saja mas, mari kita cek sama2 mas, mudah2an memang benar ada yg lepas,,,”
ini
jawaban yg menyejukkan, kepercayaan kita kepada si teknisi juga
meningkat. demikian jugalah yg dirasakan pelanggan yg memperbaiki
laptopnya ke anda, jika anda bersikap ketus dan masa bodoh, maka
kemungkinan besar bengkel anda akan sepi pelanggan :)
Jadi intinya mendengar keluhan pelanggan dan menjelaskan padanya tentang kerusakan secara jelas dan gamblang adalah salah satu bagian dari perbaikan itu sendiri,
menjadikan pelanggan sekaligus teman adalah hal yg sangat bijak dan
disarankan. Saya sendiri sangat sering mendapat job2 berskala kecil dan
besar dari pelanggan2 yg memperbaiki laptop kesaya. Seperti pembuatan
System Control, Program atau Website, Security system, Pengadaan
barang dan jasa dan lain sebagainya yg diatas kertas keuntungan nya
jauh lebih besar.
5. JANGAN LUPAKAN PENJUALAN
Penjualan anda adalah senjata anda, kalau ungkapan ini saya sendiri yg mempopulerkan ...:)
benar,
penjualan adalah bagian terpenting yg harus anda miliki ditempat
usaha anda dan jika bis buat divisi khusus penjualan, apakah penjualan
laptop dan sparepartnya, penjualan aksesoris laptop, aksesoris
komputer dan lain lain. Untuk mencari keuntungan 500rb atau lebih besar
perhari di bidang penjualan sangatlah mungkin. Caranya disini saya
serahkan pada anda :)
Ingat, perusahaan2 besar seperti Microsft, Intel, Sony, Canon, Nikon dan dll menjadi besar karena mereka “JUALAN”...
6. JANGAN MENUTUP DIRI DARI DUNIA LAIN
Dunia
perbaikan laptop adalah “dunia kecil”, jika anda telah mampu
menguasai perbaikan laptop dengan baik, yakinlah, sebenarnya anda telah
menguasai banyak hal, anda bisa saja mencoba memperbaiki peralatan2
berharga mahal dan spesifik, seperti komputer mobil (ECU mobil), alat2
telekomnunikasi mahal, interface board untuk dunia industri dan lain
lain.
Gambar 1 :

ini adalah komputer (ECU) mobil baleno, biaya perbaikan 1-2 jtan, kalau mobil eropa perbaikannya bisa lebih mahal lagi
gambar 2:

ini
adalah Monitored Digital Input Modul, buatan ICS Regent, sering
dipakai di mesin2 pembangkit, biaya perbaikan rata-rata 5 Juta permodul
Gambar 3:

Ini adalah HP Procurve switch, biaya perbaikan 2jt - 5jt an, tergantung model
dan
sebagai gambaran bagi anda, untuk memperbaikinya alat2 tersebut
diatas tidaklah susah, malah lebih gampang dari perbaikan laptop, tapi
biaya perbaikannya bisa sampai 10x lipat biaya perbaikan laptop :)
7. JANGAN LUPA ASURANSI JIWA/KESEHATAN DAN BANGUNAN/PERALATA
Ini
sangat penting, anda tidak selamanya sehat dan mampu bekerja ketika
sakit menyerang, okelah jika anda sakit flu atau deman, jika anda sakit
parah dan perlu di opname berhari2 dirumah sakit bagaimana??? Tentu
asuransi kesehatan menjadi solusi…
Kebakaran? Bencana alam?
Mudah2an ini tidak terjadi pada bengkel atau tempat usaha kita, tapi
yakinlah dengan meng asuransikan bangunan atau peralatan anda anda
telah melakukan investasi besar, sebagai gambaran biaya asuransi
kebakaran Cuma Rp 500 ribu pertahun untuk mengcover kerugian sebesar
lebih kurang 200 juta. Ingat, alat2 yg kita gunakan di bengkel adalah
alat2 yg sangat rentan untuk “terbakar” atau “membakar” :)
SEBENARNYA
MASIH BANYAK LAGI HAL2 YG PERLU DI TAMBAHKAN, TAPI UNTUK KALI INI
CUKUPLAH DAHULU, ANGGAP AJA ARTIKEL KALI INI SEBAGAI ARTIKEL PENUTUP
DARI SAYA DI AKHIR TAHUN :), SELAMAT TAHUN BARU SEMOGA DI TAHUN 2012
MENJADI TAHUN YG LEBIH BAIK BAGI KITA SEMUA...AMIINNN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar