Kamis, 15 Maret 2012

BEBERAPA CARA MENJADI TEKNISI HANDAL DAN BERHASIL

Sekedar Masukan Untuk Yang Ingin Buka Usaha Perbaikan Laptop dll


Tulisan kali ini sedikit berbeda dari biasa karena tidak menyinggung masalah teknis dalam perbaikan laptop tapi lebih ditekankan kepada masalah “non teknis”, tapi walaupun begitu, kadang2 masalah non teknis lebih “rumit” dibanding masalah teknis :)

 Sebelum kita lanjut ada baiknya kita batasi dulu permasalahan disini, yaitu tentang  batasan pengertian  “HANDAL” dan batasan pengertian “BERHASIL” , disini arti kata handal atau teknisi handal yaitu teknisi yg benar2 mengetahui permasalahan  kerusakan laptop, baik penyebab kerusakkan itu sendiri dan bagaimana cara mengatasinya, apakah dengan cara menganti komponen atau memodifikasinya, yang jelas laptop menjadi “bekerja dengan baik bahkan lebih baik” setelah di tangani sang teknisi, kmudian kata berhasil atau teknisi yg berhasil disini yaitu teknisi yg memang menghasilkan “profit” atau “keuntungan financial” dari pekerjaanya tersebut untuk memenuhi segala kebutuhannya dan bahkan lebih!!,  (secara jamak kita ketahui bahwa mencari uang didunia perbaikan laptop sangat menjanjikan).

Tentu saja bagi anda yg merasa telah menjadi  teknisi “handal” dan  “berhasil” boleh mengabaikan tulisan ini dan melanjutkan aktivitasnya sambil minum kopi hangat ditemani singkong goreng :)

OK, Berikut trik2 yg telah saya kumpulkan berdasarkan pengalaman pribadi juga berdasarkan “sharing” sesama  teman2 yg kebetulan telah merasakan “manisnya” dunia perbaikan laptop. 

1.  KUASAI ELEKTRONIKA SECARA BAIK DAN BENAR (SECARA MENDALAM)
LAPTOP adalah perangkat elektronika, kerusakan laptop adalah kerusakan komponen elektronika (diluar kerusakan seperti  engsel yg patah atau casing yg pecah), dengan memahami cara  kerja komponen laptop secara baik dan benar termasuk pengukuran dan karakteristiknya , seperti pengukuran komponen di dalam papan PCB atau diluar papan PCB anda dapat secara cepat dan tepat menentukan apakah komponen tersebut dalam kondisi baik, separuh rusak atau rusak sama sekali. Tentu saja referensi untuk pengukuran komponen ini bisa anda lihat di datasheet komponen tersebut.  

http://www.alldatasheet.com

Anda harus rajin belajar dan mengikuti perkembangan teknologi elektronika agar tidak ketinggalan, membeli buku atau mencari informasi di  internet  juga salah satu solusi murah yg bisa anda dapatkan, namun bagi anda yg ingin menghemat waktu dan secara cepat mampu menguasai elektronika dan menguasai berbagai macam masalah laptop dan perbaikannya sehingga anda bisa membuat usaha perbaikan laptop anda bisa kursus disini :


2.  SEDIAKAN INFRA STRUKTUR YG MEMADAI
Infra struktur juga menjadi hal yg sangat menentukan dlm keberhasilan anda,  tempat yg nyaman (sirkulasi udara berjalan baik dan lancar) akan membuat anda betah dan mampu tahan “berlama2” di workshop anda.   Lokasi yg mudah terjangkau dan tersedianya tempat parkir menjadi nilai tambah tersendiri bagi tempat usaha anda. Jgn lupa sediakan peralatan “perang”  untuk bekerja, seperti Hotair, Solder, Infra RED BGA rework, Thermometer,  dll,  untuk peralatan sendiri mungkin  tidak perlu saya ulas lagi sebab saya yakin anda sudah lebih mengetahuinya dari saya :) 

3.  PROMOSIKAN USAHA DAN KEAHLIAN ANDA DAN BUAT TEAM
Anda sudah hebat sekarang, sudah bisa menguasai segala macam perbaikan laptop, tapi tidak ada yg tahu dimana anda dan tempat alamat anda, tentu sama saja bukan?, jadi promosikan usaha anda semaksimum mungkin, melalui Koran, Internet, brosur2 yg disebar di keramaian seperti kampus atau sekolah atau perkantoran dll. Semakin banyak yg tahu anda buka usaha hasilnya semakin bagus.

Satu hal penting adalah anda tidak bisa bekerja sendiri, sehebat apapun anda, jadi buat team kecil dengan merekrut 1-2 orang karyawan atau lebih sebagai “front office”  atau customer service (CS) atau untuk bagian antar jemput barang (Tranportasi).

4. MOTTO PELANGGAN ADALAH RAJA
Pelanggan adalah raja, ungkapan populer yg sudah tak asing lagi, masih berlakukah ungkapan ini??? Dengan sangat menyesal saya katakan  “masih!”…:)


Memperlakukan pelanggan seperti raja disini maksudnya menyediakan tempat atau ruang tunggu bagi pelanggan yg datang ke workshop anda dan menyediakan minuman ringan seperti aqua gelas atau teh botol, mendengarkan keluh kesah pelanggan tentang permasalahan laptopnya dan memberikan harga yg pantas atau diskon yg wajar menurut anda.  

Pelanggan saya cerewet dan sepertinya lebih pintar dari teknisi, bagaimana mengatasinya???

pelanggan yg cerewet dan sok pintar sebenarnya melakukan itu agar bisa diberikan harga yg semurah mungkin atau sekedar menyampaikan uneg2, anda juga mungkin pernah melakukan itu didunia yg tidak anda kenal, misalnya katakanlah sepeda motor / mobil anda tiba2 mogok, sementara bahan bakar  ada dan busi atau pengapian dalam keadaan baik, dan ketika anda bawa ke teknisi mungkin anda akan berkata:
  
“ Mungkin saja ada selang atau ada onderdil yg lepas nih mas…”,
 
jika si teknisi berkata:  “ Perbaikin sendiri aj mas jika mas lebih tahu…”

Tentu  jawaban seperti ini membuat kita kesal dan bisa saja kita membatalkan perbaikan ke dia, tapi jika dia berkata :

“mungkin saja mas, mari kita cek sama2 mas, mudah2an memang benar ada yg lepas,,,” 

ini jawaban yg menyejukkan, kepercayaan kita kepada si teknisi juga meningkat. demikian jugalah yg dirasakan pelanggan yg memperbaiki laptopnya ke anda, jika anda bersikap ketus dan masa bodoh, maka kemungkinan besar bengkel anda akan sepi pelanggan :)

Jadi intinya mendengar keluhan pelanggan dan menjelaskan padanya tentang kerusakan secara jelas dan gamblang adalah salah satu bagian dari perbaikan itu sendiri, menjadikan pelanggan sekaligus teman adalah hal yg sangat bijak dan disarankan. Saya sendiri sangat sering  mendapat job2 berskala kecil dan besar dari pelanggan2 yg memperbaiki laptop kesaya. Seperti pembuatan System Control, Program atau Website,  Security system, Pengadaan barang dan jasa dan lain sebagainya  yg diatas kertas keuntungan nya jauh lebih besar.

 5.  JANGAN LUPAKAN PENJUALAN
Penjualan anda adalah senjata anda,  kalau ungkapan ini saya sendiri yg mempopulerkan ...:)

benar, penjualan adalah bagian terpenting yg harus anda miliki ditempat usaha  anda dan jika bis buat divisi khusus penjualan, apakah penjualan laptop dan sparepartnya, penjualan aksesoris laptop, aksesoris  komputer dan lain lain. Untuk mencari keuntungan 500rb atau lebih besar perhari di bidang penjualan sangatlah mungkin. Caranya disini saya serahkan pada anda :)


Ingat, perusahaan2 besar seperti Microsft, Intel, Sony, Canon, Nikon dan dll menjadi besar karena mereka “JUALAN”...


 6. JANGAN MENUTUP DIRI DARI DUNIA LAIN
Dunia perbaikan laptop adalah “dunia kecil”, jika anda telah mampu menguasai  perbaikan laptop dengan baik, yakinlah, sebenarnya anda telah menguasai banyak hal, anda bisa saja mencoba memperbaiki peralatan2 berharga mahal dan spesifik, seperti komputer mobil (ECU mobil), alat2 telekomnunikasi mahal, interface board untuk dunia industri dan lain lain.

Gambar 1 :
ini adalah komputer (ECU) mobil baleno, biaya perbaikan 1-2 jtan, kalau mobil eropa perbaikannya bisa lebih mahal lagi 
 
gambar 2:
ini adalah Monitored Digital Input Modul, buatan ICS Regent, sering dipakai di mesin2 pembangkit, biaya perbaikan rata-rata 5 Juta permodul

Gambar 3:
Ini adalah HP Procurve switch, biaya perbaikan 2jt - 5jt an, tergantung model

dan sebagai gambaran bagi anda, untuk  memperbaikinya alat2 tersebut diatas tidaklah susah, malah lebih gampang dari perbaikan laptop, tapi biaya perbaikannya bisa sampai 10x lipat biaya perbaikan laptop :)


7. JANGAN LUPA ASURANSI JIWA/KESEHATAN DAN BANGUNAN/PERALATA
Ini sangat penting, anda tidak selamanya sehat dan mampu bekerja ketika sakit menyerang, okelah jika anda sakit flu atau deman, jika anda sakit parah dan perlu di opname berhari2 dirumah sakit bagaimana??? Tentu asuransi kesehatan menjadi solusi…

Kebakaran? Bencana alam?  Mudah2an ini tidak terjadi pada bengkel atau tempat usaha kita, tapi yakinlah dengan meng asuransikan bangunan atau peralatan anda anda telah melakukan investasi besar, sebagai gambaran biaya asuransi kebakaran Cuma  Rp 500 ribu pertahun untuk mengcover kerugian sebesar lebih kurang 200 juta. Ingat, alat2 yg kita gunakan di bengkel adalah alat2 yg sangat rentan untuk “terbakar” atau “membakar” :)


SEBENARNYA MASIH BANYAK LAGI HAL2 YG PERLU DI TAMBAHKAN, TAPI UNTUK KALI INI CUKUPLAH DAHULU, ANGGAP AJA ARTIKEL KALI INI SEBAGAI ARTIKEL PENUTUP DARI SAYA DI AKHIR TAHUN :), SELAMAT TAHUN BARU SEMOGA DI TAHUN 2012 MENJADI TAHUN YG LEBIH BAIK BAGI KITA SEMUA...AMIINNN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar