Minggu, 26 Februari 2012

Kode Error 6000 pada Canon 1880 & 1980

Penjelasan tentang ERROR 6000 pada Printer Canon IP1880 dan IP1980 sudah banyak d ulas di berbagai Blog atau juga di Situs resmi Canon, dan ini saya akan mencoba menambahkan sedikit kekurangan dari berbagai pihak yang pernah mencantumkan permasalahan ini,  adapun penyebab dari  munculnya pesan error tersebut dikarenakan selang pembuangan tersebut tidak berfungsi normal yang seharusnya tugas tersebut adalah membuang hasil tinta kotor atau Over yang selalu dilakukan oleh jenis printer apapun saat di hidupkan printer-printer tersebut pasti melakukan tindakan Standard Cleaning yang pasti akan mengeluarkan cairan tinta yang seharusnya keluar / dibuang.

Nah, penyebabnya adalah selang yang tidak bekerja sebagai mana mestinya, seperti yang kita lihat selang terdiri atas dua bagian (selang pembuangan untuk warna dan hitam), penyebabnya ada diantara kedua selang tersebut atau bahkan keduanya ada baiknya anda membongkar printer tersebut dan melakukan pengecekkan terhadap kedua selang tersebut

Setelah anda selesai membongkar printer tersebut maka anda harus membongkar mekanis yang menghubungkan pompa pembuangan dan akan terlihat permasalah seperti gambar di bawah ini.

Gambar ini memperlihatkan kedua selang pembuangan keluar dari pompa tinta dan ini adalah bentuk yang sudah benar sekarang anda bias memasangkan / menggabungkan kembali dengan mekanis printer.

Pompa Pembuangan
Setelah anda berhasil menggabungkan antara mekanis dan pompa pembuangan maka bentuk dari hasil usaha anda akan tampak seperti ini, karena inilah bentuk yang sebenarnya:

Seandainya anda menghadapi permasalahan yang baru berarti anda telah keliru atau mungkin anda telah meninggalkan satu urutan dalam pemasangan ulang yang tidak sesuai dnegan kontruk aslinya, mungkin saja ada Per Kertas, Kabel Sensor, Sensor Mekanis, Sensor Kertas, Kabel Fleksibel Selang Pembuangan yang tergulung agar di cek ulang, jika permasalah tidak anda temukan berarti pekerjaan anda sudah benar dan langkah yang harus anda lakukan adalah dengan mengikuti langkah-langkah seperti di bawah ini:
  1. Matikan printer anda dengan menggunakan tombol power di Printer dan kalau tidak bisa dapat anda lakukan dengan mencabut Kabel Power dan tunggu beberapa saat.
  2. Printer masih dalam keadaan mati, anda dapat menekan Tombol Power dan jangan di lepas
  3. Sambil  menahan Tombol Power anda harus menekan Tombol Resume 2x saja, namun pada hitungan kedua Tombol Power juga harus anda lepaskan.
  4. Jika tindakan anda sudah benar maka hasilnya Lampu Orange tidak menyala.
Hal yang anda laukan bias di sebut dnegan me-Reset secara manual, maka langkah selanjutnya adalah melakukannya dengan Software jika anda merasa ragu saya sudah menyediakan kebutuhan anda dengan menelusuri 

SELAMAT MENCOBA........................!

2 komentar: